Senin, 02 Agustus 2021


LPM Gelar Pendampingan ISK dan Reakreditasi Prodi FTIK Menuju  APS Unggul 

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melakukan Pendampingan ISK dan Re-Akreditasi Program Studi pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar, di Hotel Royal Denai Bukittinggi, 30 Juli - 1 Agustus 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai prosedur pengisian Instrumen Suplemen Konversi (ISK) dan reakreditasi, sesuai dengan Intrumen dan Kriteria yang telah ditentukan oleh BAN-PT, sehingga target unggul dapat dicapai.

Kegiatan ini merupakan sebagai bentuk peningkatan kualitas pendidikan di FTIK. Fokus utama yang akan disoroti yaitu mengenai input, proses perkuliahan dan output yang dihasilkan oleh Fakultas. Tak terkecuali proses pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk nyata pegamalan tri dharma perguruan tinggi kepada lingkungan sekitar. 

Dr. Marjoni Imamora, M.Sc., selaku Rektor IAIN Batusangkar membuka langsung kegiatan tersebut, dengan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Kabag, Kasubbag, para Ketua Jurusan  Studi, tenaga kependidikan dilingkungan FTIK. Beliau mengatakan dalam sambutannya “ menyambut baik diadakan kegiatan ini karena sejalan dengan 5 arah kebijakan Rektor yaitu 1) Tri dharma pt yang integratif, interkonektif, bermutu, dan moderat untuk menyahuti revolusi industri 4.0, 2) Tata kelola perguruan tinggi yang baik dan berbasis RB, ZI-WBK/WBBM, dan e-SMS, 3)    SDM yang unggul dan ramah IT, 4) Lulusan yang berakhlak mulia, produktif, inovatif, dan memiliki daya saing, 5) Keuangan dan sarana prasarana yang kuat dan berdaya saing. Lebih lanjut Rektor mengharapkan, sebagai Fakultas tertua FTIK harus mampu memperlihatkan keunggulannya yang salah satunya tercermin dari peringkat akreditasi prodinya.  

Dr. Ulya Atsani, SH.M.Hum sebagai Ketua LPM IAIN Batusangkar di sela-sela kegiatan menyatakan bahwa saat FTIK memiliki 4 jurusan yang terakreditasi A yang berpotensial ditingkatkan menjadi Unggul melalui ISK. Begitu juga dengan juran yang terakreditasi B seperti Bimbingan dan Konseling dilihat dari keterpenuhan syarat akreditasi dan syarat peringkat sangat memungkinkan direakreditasi menjadi Unggul. 

Kegiatan selanjutnya yaitu pemberian materi teknis pengisian ISK dan Reakreditasi yang memenuhi syarat Unggu yang disampaikan oleh Dr. Efrizal Syofyan, M.Si CA,Ak, yang merupakan Dosen FE UNP dan juga merupakan Asesor BAN-PT. Pak Ujang, panggilan akrab beliau, selama 2 hari memaparkan secara ditel tentang kisi-kisi per kriteria baik ISK maupun Reakreditasi untuk menuju APS Unggul. Dilihat dari potensi yang ada rasanya beliau menyatakan nilai unggul yang ditargetkan sangat mungkin diraih tergantung bagaimana Fakultas, LPM,  Jurusan,dan Tim memaksimalk ungkapnya.(Timpusi LPM)


SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar: